-->

Panduan Melatih Bayi agar Cepat Bisa Tengkurap

Kapan bayi boleh diajari tengkurap?? direkomendasikan waktu bayi diperbolehkan untuk diajari tengkurap setelah tali pusarnya lepas, yakni beberapa minggu setelah ia melahirkan. Bahayanya bayi dipaksa belajar tengkurap sebelum waktunya akan dapat meningkatkat resiko SIDS atau kematian mendadak, karena pada umumnya bayi yang masih muda sekali belum mampu menahan kepala, ini dapat membahayakan nafas bayi.

Standar lama mengajari tengkurap pada bayi tidak boleh lama, hanya beberapa menit saja sekiranya bayi masih nyaman dan tidak terlihat bekerja keras. Ibu yang harus jelli saat waktu belajar tengkurap. Semaikn cepat bisa tengkurap maka akan semakin cepat pula masa jalannya.

Ada beberapa poin pengting yang harus anda tahu sebelum mengajari bayi untuk tengkurap, diantaranya sbb.:


#1 Bayi Tidak Dalam Keadaan Lahir Prematur

Jika bayi anda lahir keadaan prematur, dimana bayi lahir sebelum waktunya, maka disarankan untuk tidak buru-buru melatih bayi untuk tengkurap. Bayi prematur kesehatannya berbeda seperti bayi lahir normal. Waktu yang tepat untuk melatih tengkurap pada bayi prematur adalah saat ia berusaha sendiri untuk tengkurap, terkadang waktunya lebih lama dari bayi normal. Ibulah yang tahu masa bayinya sudah kuat atau belum untuk tengkurap.

#2 Jangan Melatih Tengkurap Saat Anda Menjelang Tidur

Melatih tengkurap bayi sebaiknya saat pagi hari, 1-2 jam setelah ia makan. Jangan melatih tengkurap saat bayi sedang lapar, dan juga saat sedang ia makan karena makanan dalam perut bayi akan keluar atau bayi muntah.

Apalagi saat menjelang tidur, ini waktu yang sangat dilarang untuk melatih bayi tengkurap karena berbahaya, dikhatirkan ibu kelelahan dan tertidur saat bayi dalam posisi tengkurap, bayi bisa mengalami SIDS atau kematian mendadak.

Pilihlah waktu yang tepat saat melatih bayi untuk tengkurap seperti saat ia sehat, ceria, dan tidak lapar. Waktu-waktu inilah akan memberikan hasil yang maksimal untuk bayi anda.

#3 Posisi Tengkurap untuk Bayi Dipertama Kali Melatih

Posisi yang aman saat melatih bayi untuk tengkurap adalah diatas perut ibu. Posisikan bayi tengkurap diatas perut ibu yang sedang berbaring, bayi akan lebih nyaman dan senang apalagi disertai hiburan kata-kata dari ibu.

Setelah bayi sudah besar, bisa ditaruh diatas tempat yang datar seperti dikasur atau diatas lantai tetapi deberi alas selimut yang tebal. Hindari melatih tengkurap diatas lantai yang licin dan keras. Awasi selalu selama bayi sedang belajar tengkurap, namun jangan memaksanya untuk belajar lama, istirahatkan setelah beberapa menit.

Pertama kali bayi belajar tengkurap biasanya selalu rewel dan tidak nyaman, jadi angkat bayi anda dan mulailah lagi setelah bayi dirasa nyaman dan ceria.

#4 Posisi Lengan Tangan Bayi Saat Tengkurap

Posisi yang tepat saat bayi tengkurap adalah kedua lengan tangan bayi menjulur kedepan. Biasanya ada juga lengan tangan bayi justru berbalik kebelakang atau tertahan oleh tubuh, ini tidak mendapatkan manfaat penuh dari latihan tengkurap. Jika bayi masih susah untuk menjulurkan lengannya, sebagai ibu jangan putus asa, ajari mereka sampai benar-benar bisa sempurna untuk tengkurap.

Caranya, dudukkan bayi dipangkuan anda, lalu tengkurapkan bayi diatas paha ibu, prakteknya angkat paha lebih tinggi dan naikkan kepala dan bahu bayi diatas paha yang lebih tinggi hinggga bayi merasakan nyaman, atau juga bisa menengkurapkan bayi diatas kedua lengan tangan ibu.

Ikuti intuisi dan perkembangan bayi anda, agar bayi tetap nyaman berlatih tengkurap.

#5 Melatih Tengkurap dengan Penopang Lipatan Selimut

Jika bayi anda selalu gagal menjulurkan kedua lengan tangannya didepan dan tidak bisa mengangkat kepala, maka tempatkan lipatan selimut dibawah kedua lengan tangan bayi sehingga bayi lebih mudah menegadahkan leher dan kepalanya.

#6 Sertakan Mainan yang Ia Sukai

Saat melatih bayi tengkurap, sertakan mainan disisinya, beri mainan yang aman seperti bola-bola kecil dan boneka, jangan berikan mainan yang sekiranya membahayakan bayi. Yang tidak kalah pentingnya, temani ia selama berlatih tengkurap, berbicaralah, bernyanyilah yang tujuannya untuk memotivasi bayi agar lebih cepat bisa tengkurap.

Panduan-panduan penting lainnya yang perlu ibu jadikan pedoman melatih bayi untuk tengkurap.

  • Diakhir bulan Pertama, usakahakan bayi mampu mengangkat kepala dan menggerakkan kakinya meskipun sebentar saja.
  • Diakhir bulan kedua, usakahan bayi bisa menahan kepalanya lebih lama dan memalingkan kesamping kanan-kiri.
  • Diakhir bulan ketiga, Bayi mulai nyaman dan sengan pada posisi tengkurap, dan sudah bisa beristirahat dengan lengan dan panggulnya dan kepala bisa menempel dibawah dalam posisi miring, sehingga tetap nyaman untuk bernafas.
  • Diakhir bulan kempat, bayi mulai sempurna tengkurap dengan menjulurkan kedua lengan tangannya dan sudah bbisa menjaga keseimbangannya.
  • Dibulan kelima, bayi bisa diajari merangkak.

Demikianlah panduan saat melatih bayi anda agar lebih cepat bisa tengkurap, proses ini dapat membantu bayi lebih cepat merangkak dan berjalan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi ibu agar tetap semangan melatih anaknya bisa tengkurap, merangkak, dan berjalan.
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini.
Tuliskan komentar Kamu menggunakan bahasa yang sekiranya mudah difahami.
Tidak memakai singkatan maupun bahasa lokal.
Trims_